Sabtu, 21 Januari 2017

Khasiat Jamu Pahitan dan Cara Membuatnya

Khasiat Jamu Pahitan dan Cara Membuatnya

 
          Hasil gambar untuk gambar  jamu pahitan 


Jamu adalah minuman herbal yang digemari masyarakat Indonesia. Banyak orang menyukai jamu karena memiliki banyak khasiat. Untuk menyembuhkan penyakit, untuk memperkuat stamina, untuk melancarkan haid, dan lain sebagainya.

Khasiat jamu pahitan ini sangat banyak karena berasal dari ramuan rempah-rempah tradisional yang sudah ada sejak dulu kala. Jamu pahitan terbuat dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan herbal, termasuk sambiloto dan brotowali yang sangat bermanfaat. Walau memiliki rasa yang pahit, ternyata khasiat jamu pahitan sangat berguna bagi tubuh kita.

1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah
2. Mengatasi Perut Kembung
3. Menambah Nafsu Makan
4. Menyembuhkan Sakit Ringan
5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara Membuat Jamu Pahitan
Agar bisa merasakan khasiat jamu pahitan, tentu Anda harus tahu, bagaimana membuatnya. Apabila Anda ingin mencoba meramu atau membuat sendiri jamu pahitan yang banyak manfaatnya ini, Anda dapat melakukannya dengan bahan-bahan berikut:

Bahan:
– 300 gram Daun Sambiloto
– Brotowali 0,5 ons
– Serai 3 ons (15 batang)
– Laos 2 ons
– Babakan pule 1 ons
– Daun sambiloto 3 ons (30 pohon)
– Daun meniran 2 ons (15 pohon)
– Lempuyang 2 ons
– Temulawak 4 ons
– Temu ireng 3 buah

 Cara Membuat:

1. Bahan-bahan yang sudah tersedia dicuci sampai bersih.
2. Bahan-bahan yang sudah dicuci bersih, dipotong kecil agar mudah diproses.
3. Setelah bahan-bahan dicuci dan dipotong kecil, rebus bahan-bahan di atas dengan air bersih sampai mendidih dan matang.
4. Tunggu rebusan air yang sudah dicampur bahan-bahan di atas sampai berwarna agak kehitaman dan mengeluarkan aroma harum pahit. Apabila sudah berubah warna dan mengeluarkan aroma tersebut, saringlah ramuan dengan saringan kain halus.
5. Peras hasil saringan, dan masukkan ke dlam botol atau gelas yang sudah disediakan.
Jamu pahitan siap untuk diminum.

Jamu pahitan cocok dicampurkan ke berbagai macam minuman jamu jenis lain, seperti kunir asem, beras kencur, jamu anggur, dan lain sebagainya. Khasiat jamu pahit ini tidak akan hilang jika dicampur dengan jamu jenis lain.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar